Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Suplemen untuk Kolesterol Tinggi Terbaik

Sejumlah suplemen yang tersedia yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol selain perubahan pola makan dan olahraga. Mengonsumsi suplemen dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam darah sehingga mencegah kemungkinan serangan jantung dan stroke. 

Simak selengkapnya daftar suplemen untuk menurunkan kolesterol dalam ulasan di bawah ini

Jenis Suplemen untuk Kolesterol Tinggi

Selain mengonsumsi makanan tertentu, mengonsumsi suplemen dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Berikut ini daftar suplemen dan makanan yang dapat Anda konsumsi, antara lain:

1. Minyak Ikan

Minyak ikan adalah sumber makanan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Minyak ikan bisa Anda dapatkan dari jenis ikan seperti tuna, salmon, hingga sarden. Jika tidak memungkinkan mengonsumsi ikan, Anda bisa menggantinya dengan suplemen.

Kadar omega-3 dalam suplemen minyak ikan seperti EPA dan DHA dapat menurunkan kadar trigliserida, meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan meredakan pembengkakan dan pembekuan darah. 

Blackmores Fish Oil 1000 Odourless adalah suplemen yang dapat Anda konsumsi untuk membantu mengatasi kolesterol tinggi. Suplemen ini mengandung minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Anda bisa mendapatkan suplemen ini dalam tautan berikut.

Beli Blackmores Odourless Fish Oil 1000 30S di Sini

2. Q10 (CoQ10)

Coenzyme Q10 (CoQ10) adalah antioksidan yang diproduksi tubuh secara alami. CoQ10 dapat ditemukan dalam makanan, seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan. Namun, jumlah CoQ10 yang dalam sumber makanan tidak cuup untuk meningkatkan kadar CoQ10 dalam tubuh secara signifikan.

Suplemen CoQ10 tersedia dalam beberapa bentuk, salah satunya kapsul. CoQ10 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kadar kolesterol total pada penderita diabetes, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Suplemen CoQ10 bisa Anda dapatkan dalam tautan berikut.

Beli Blackmores CoQ10 75 mg 30S di Sini

3. Serat Psyllium

Psyllium adalah sejenis serat larut yang berasal dari lapisan luar biji psyllium yang digunakan sebagai obat pencahar. 

Lapisan luar biji psyllium kaya akan serat larut yang dikatakan dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan lainnya, salah satunya termasuk kolesterol tinggi. 

Serat psyllium tersedia dalam bentuk suplemen yang dilengkapi dengan oat fiber, inulin, dan wheatgrass, untuk membantu detoksifikasi zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Suplemen serat psyllium bisa Anda dapatkan dalam tautan berikut.

Beli Fibrefirst Fiber Detox Box 7 Sachet di Sini

4. Niacin (Vitamin B3)

Niacin (vitamin B3) digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL), yang juga dikenal sebagai high-density lipoprotein (HDL).

Niacin juga tampaknya secara signifikan menurunkan kadar lipoprotein A, faktor risiko lain dari aterosklerosis. Niacin tersedia dalam bentuk resep dan suplemen makanan yang dijual bebas. Dapatkan suplemen niacin dalam tautan berikut.  

Beli Vitamin B Complex IPI Botol 45 Tablet di Sini

Beli Blackmores Multivitamins + Minerals Botol 30 Tablet di Sini

5. Probiotik

Mengonsumsi probiotik tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan usus dan daya tahan tubuh, tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. 

Probiotik dapat ditemukan dalam makanan atau minuman, seperti tempe, tapai singkong, acar, kimchi, dan yoghurt. Probiotik juga tersedia dalam bentuk suplemen probiotik yang dijual bebas (OTC).

6. Ekstrak Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolsterol jahat (LDL) dan kolesterol total.

Tidak hanya dari minuman, ekstrak teh hijau juga terdapat pada suplemen yang sama-sama memberikan manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

7. Suplemen Protein Kedelai

Kacang kedelai dan produk olahannya dapat sedikit membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Produk olahan kedelai termasuk tahu, susu kedelai, dan kacang kedelai kukus adalah sumber protein tanpa lemak yang baik, yang berarti mengonsumsinya sebagai pengganti makanan berlemak seperti daging sapi untuk mengurangi keseluruhan kolesterol dalam makanan. Jika ingin lebih praktis, anda dapat mengonsumsi protein kedelai.

8. Barley

Barley adalah sejenis kacang-kacangan yang mengandung vitamin, antioksidan, dan serat larut penting yang disebut beta-glukan. Serat ini yang menyehatkan jantung ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Para peneliti menyimpulkan bahwa beta-glukan dapat membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan sintesis asam empedu.

9. Beras Merah Fermentasi

Beras merah yang difermentasi mengandung oryzanol dan asam ferulic yang memiliki beberapa efek fisiologis, termasuk menurunkan kadar kolesterol serum. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan Cambridge University Press, menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi beras merah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

10. Bawang Putih

Mengonsumsi satu siung bawang putih per hari atau setara dengan 3–6 gram (g), dapat menurunkan kadar kolesterol sekitar 10%, menurut beberapa penelitian. 

Mengonsumsi suplemen bawang putih juga memberikan manfaat kesehatan yang sama dan memiliki beberapa efek samping ringan.

Nah, itu dia berbagai suplemen dan makanan tertentu yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Meskipun bisa Anda dapatkan secara bebas, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dulu ke dokter tentang dosis dan keamanannya untuk Anda.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara keseluruhan, termasuk kolesterol tinggi dan pengobatannya.

Healthline. Diakses pada 3 Mei 2024. 9 Natural Cholesterol Reducers. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/natural-cholesterol-reducers#red-yeast-rice

Medical News Today. Diakses pada 3 Mei 2024. What drinks can help lower or control cholesterol levels, plus high cholesterol drinks to avoid. https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-is-the-best-drink-to-lower-cholesterol

Verywell Health. Diakses pada 3 Mei 2024. Natural Supplements for Lower Cholesterol. https://www.verywellhealth.com/remedies-for-high-cholesterol-89629

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan