Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Panu (Tinea Versicolor): Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Panu adalah infeksi jamur pada kulit yang ditandai dengan bintik-bintik putih, kuning, merah, merah muda, atau cokelat. Penyakit kulit ini membuat orang merasa tidak percaya diri terhadap penampilannya. Selengkapnya simak penyebab, gejala, pengobatan, hingga pencegahannya dalam ulasan di bawah ini.

Apa itu Panu?

Panu atau tinea versikolor adalah infeksi jamur yang menyebabkan perubahan warna kulit. Panu ditandai dengan bintik-bintik putih, kuning, merah, merah muda atau cokelat. 

Panu disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan sejenis ragi (jamur) yang secara alami ditemukan pada kulit. Kondisi lingkungan seperti cuaca panas, kelembapan, dan paparan sinar matahari dapat memperburuk panu. 

Penyakit kulit ini tidak berbahaya atau menular, tetapi bisa terasa sedikit gatal. Panu paling sering ditemukan di bahu, punggung, dan dada bagian atas.

Baca juga: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Dermatographia

Penyebab Panu

Ragi penyebab panu yang disebut Malassezia, tumbuh pada kulit normal dan sehat. Namun sejumlah faktor dapat memicu pertumbuhan berlebih yang menyebabkan infeksi, antara lain:

  • Kulit berminyak.
  • Hidup di lingkungan beriklim panas.
  • Berkeringat banyak.
  • Perubahan hormonal.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah.

Kendati jamur tumbuh secara alami di kulit, panu tidak dapat menular. Kondisi ini dapat menyerang orang dengan jenis warna kulit apa pun. Panu lebih mungkin terjadi pada remaja dan dewasa muda. Bagi sebagian orang, penyakit kulit ini dapat menyebabkan tekanan emosional, perasaan minder, dan mengurangi percaya diri.

Gejala Panu

Bagi sebagian besar orang, panu hanya menimbulkan gejala ringan. Gejalanya termasuk berikut ini:

Perubahan warna kulit, biasanya di punggung, dada dan perut. Bercak yang berubah warna dapat muncul di mana saja di tubuh dan berwarna merah jambu, kuning, cokelat, cokelat, atau putih.

  • Gatal pada atau sekitar area kulit yang terkena panu.
  • Keringat berlebihan.
  • Bercak kulit yang mungkin mengering dan membentuk sisik.
  • Bercak kulit yang tidak menjadi gelap atau kecokelatan ketika terpapar sinar matahari.

Baca juga: Penyebab dan Pengobatan Impetigo

Kapan Harus ke Dokter?

Panu dapat diobati secara mandiri dengan menggunakan obat antijamur yang dijual di apotek. Obat ini dapat mengatasi kasus panu ringan dalam beberapa minggu. Krim, sampo, atau losion antijamur topikal bekerja dengan baik jika meresap ke dalam kulit selama beberapa menit sehari. Namun segera hubungi dokter jika mengalami hal berikut:

  • Kondisi kulit tidak membaik dengan tindakan perawatan mandiri.
  • Infeksi jamur kembali terjadi.
  • Bercak panu menutupi sebagian besar tubuh.

Diagnosis Panu

Dokter dapat mendiagnosis panu atau tinea versikolor berdasarkan bentuk ruamnya. Jika dokter memerlukan informasi lebih lanjut, tes berikut mungkin dapat dilakukan:

  • Pemeriksaan lampu kayu (black light). Dokter akan menggunakan sinar ultraviolet, yang dapat membuat area kulit yang terkena tampak berwarna oranye tembaga neon jika itu disebabkan oleh panu.
  • Mikroskopi menggunakan kalium hidroksida (KOH). Dokter akan mengangkat sel-sel dari kulit, merendamnya dalam kalium hidroksida, dan kemudian melihatnya di bawah mikroskop.
  • Biopsi kulit. Pengambilan sampel kulit dengan cara mengikis sebagian kulit dan sisik dari area kulit yang terkena untuk dilihat di bawah mikroskop.

Pengobatan Panu

Pengobatan untuk panu dapat berupa krim, losion, atau sampo yang dioleskan pada kulit. Pengobatannya juga dapat mencakup obat-obatan yang diberikan dalam bentuk pil. Jenis pengobatan bergantung pada ukuran, lokasi, dan ketebalan area kulit yang terinfeksi. Berikut ini pengobatan panu baik secara alami maupun medis, antara lain:

1. Pengobatan Alami untuk Panu

Pengobatan panu dapat dilakukan secara alami, Anda dapat membuat krim atau larutan sendiri dari bahan-bahan alami yang mungkin tersedia di dapur. Namun, pengobatan rumahan ini belum didukung oleh bukti kuat dan mungkin tidak seefektif obat antijamur yang dijual bebas atau yang diresepkan.

Berikut ini beberapa pengobatan alami untuk panu:

  • Lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman mirip kaktus yang digunakan sejak dahulu untuk berbagai penyakit kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya dapat memperlambat atau membantu mencegah pertumbuhan jamur penyebab panu.
  • Madu. Madu telah terbukti membersihkan infeksi pada luka dan meningkatkan penyembuhan jaringan kulit. Madu juga dapat memperbaiki gejala panu dan mungkin lebih efektif jika dicampur dengan minyak zaitun.
  • Kunyit. Bumbu dapur ini sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati ruam dan gatal-gatal serta mungkin memiliki sifat antijamur. Setidaknya satu penelitian menemukan bahwa krim kunyit efektif dalam mengobati penyakit kulit, termasuk jenis tinea.

2. Pengobatan Medis untuk Panu

Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan panu secara medis, meliputi:

  • Antijamur topikal. Obat topikal tersedia dalam bentuk losion, sampo, krim, busa, atau sabun yang dapat dioleskan langsung di kulit. Tersedia obat topikal antijamur yang dijual bebas (OTC), yang mengandung klotrimazol, ketokonazol, mikonazol, zinc-pyrithione, selenium sulfida, dan terbinafine.
  • Pil antijamur. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati kasus panu yang lebih serius atau berulang. Terkadang, dokter menggunakannya karena menyembuhkan infeksi lebih cepat. Obat ini harus berdasarkan resep dari dokter.

Baca Juga: Obat Jamur Kulit di Apotek yang Efektif Redakan Gejala

Komplikasi Panu

Komplikasi utama panu adalah adanya perubahan warna kulit yang berlangsung selama berminggu-minggu setelah pengobatan. Ini karena melanosit (sel penghasil warna kulit) memerlukan waktu untuk pulih dan memberi pigmen pada kulit dengan baik. 

Tidak ada komplikasi permanen dari panu. Alasannya karena infeksi/kolonisasi yang terjadi di permukaan kulit, tidak perlu khawatir akan terjadinya invasi yang lebih dalam pada pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang utuh. 

Pencegahan Panu

Guna membantu mencegah panu kembali kambuh, dokter mungkin akan meresepkan perawatan kulit atau oral yang dapat digunakan sekali atau dua kali sebulan. Penderita panu mungkin perlu menggunakan obat hanya selama bulan-bulan hangat dan lembap. Perawatan untuk pencegahan panu meliputi:

  • Selenium sulfida 2,5 persen lotion atau sampo.
  • Krim, gel atau sampo Ketoconazole.
  • Itraconazole tablet, kapsul atau larutan oral.
  • Tablet Flukonazol atau larutan oral.

Apabila Anda telah didiagnosis menderita panu dan berhasil mengobatinya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi di masa mendatang, termasuk berikut:

  • Menghindari panas berlebihan.
  • Menghindari penyamakan (tanning) atau paparan sinar matahari berlebihan.
  • Menghindari keringat berlebih.

Demikian ulasan lengkap mengenai panu atau tinea versikolor yang umum terjadi. Meski tidak membahayakan kesehatan kulit, namun kondisi ini dapat menurunkan rasa percaya diri pada penderitanya. Oleh sebab itu, penting untuk mengobatinya untuk mengembalikan rasa percaya diri.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara keseluruhan, termasuk masalah kesehatan kulit dan pengobatannya.

Cleveland Clinic. Diakses pada 18 April 2024. Tinea versicolor. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17719-tinea-versicolor

Healthline. Diakses pada 18 April 2024. Tinea Versicolor. https://www.healthline.com/health/tinea-versicolor

Mayo Clinic. Diakses pada 18 April 2024. Tinea versicolor. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tinea-versicolor/symptoms-causes/syc-20378385

Sumber

Artikel Lainnya