Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

11 Obat Jerawat yang Ampuh Usir Jerawat Membandel

gambar obat jerawat

Obat jerawat bisa mengurangi produksi minyak dan pembengkakan pada kulit. Ada berbagai jenis obat jerawat yang dapat digunakan sesuai kondisi kulit Anda. Farmaku telah merangkum beberapa obat jerawat yang bisa mempercepat proses penyembuhan. 

Daftar Obat Jerawat yang Ada di Apotek

Jerawat merupakan kondisi kulit yang muncul ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Tentu, jerawat bisa mengganggu penampilan, bahkan dapat memicu rasa tidak percaya diri. 

Obat jerawat yang diperlukan juga berbeda, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan jerawat. Kini ada banyak jenis obat jerawat yang bisa diandalkan untuk mengobati kondisi berbagai jerawat Anda. 

Beberapa obat jerawat yang bisa didapatkan di Apotek, antara lain:

1. Sebamed Clear Face Anti-Pimple

Sebamed Clear Face Anti-Pimple

Sebamed Clear Face Anti-Pimple merupakan obat totol jerawat yang bisa dioleskan pada jerawat aktif, bekas jerawat, serta komedo/blackhead. Produk ini diklaim efektif untuk membuat jerawat menjadi kering tanpa merusak kulit. 

Kombinasi chloroxylenol, alkohol, serta pH 5,5 dalam produk ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan panthenol dan bisabolol yang dapat membantu meredakan iritasi kulit serta mendukung proses regenerasi kulit. 

Anda bisa mengoleskan produk ini pada jerawat aktif setelah menggunakan pelembap.

Beli Sebamed Clear Face Anti-Pimple Gel 10 ml di Sini

2. Skintific Acne Spot Treatment 2% Salicylic Acid

Skintific Acne Spot Treatment 2% Salicylic Acid

Produk perawatan jerawat Skintific ini juga bisa dicoba untuk mengobati jerawat yang muncul. Kandungan senyawa aktif salicylic acid dan pionin sudah terbukti dapat membantu mengatasi jerawat aktif serta mencegah pertumbuhan jerawat. 

Salicylic acid atau asam salisilat mampu mengeskfoliasi kulit dan membuat pori-pori wajah tetap bersih. Sementara itu, pionin merupakan senyawa yang bersifat antibakteri, sehingga dapat mencegah pertumbuhan jerawat.

Tidak hanya itu, Skintific Acne Spot Treatment 2% Salicylic Acid juga mengandung niacinamide dan ceramide, yang bermanfaat untuk mencegah bekas jerawat, menjaga skin barrier, serta melembapkan kulit. 

Beli Skintific Acne Spot Treatment 2% Salicylic Acid Tube 10 gr di Sini

3. Erha Acne Spot Gel

Erha Acne Spot Gel

Erha Acne Spot Gel dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan jerawat, termasuk menenangkan kemerahan dan menyamarkan noda bekas jerawat.

Kandungan BHA dan sulfur yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat serta membuat jerawat lebih cepat kering. Produk ini juga diperkaya dengan kandungan niacinamide yang dapat menyamarkan noda hitam bekas jerawat. 

Beli Erha Acne Spot Gel Tube 10 gr di Sini

4. Derma Angel Acne Patch

Derma Angel Acne Patch

Derma Angel Acne Patch dapat menjadi solusi instan untuk Anda yang ingin menghilangkan jerawat seketika. Produk ini merupakan plester yang dapat menutupi jerawat. Desainnya yang tipis dan transparan tidak mengganggu penampilan Anda.

Plester jerawat ini terbuat dari bahan hidrokoloid yang bekerja dengan menyerap nanah dan minyak yang ada dalam jerawat. Selain itu, produk ini juga bertindak sebagai pelindung jerawat, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk menyentuh, memencet, serta mengorek jerawat. Dengan demikian, jerawat akan lebih cepat sembuh.

Plester jerawat ini tersedia dalam dua varian, yaitu untuk siang dan malam hari. Untuk varian malam hari, bagian tengah dari plester ini dibuat lebih tebal untuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat. 

Beli Derma Angel Acne Patch Day 12S di Sini

Beli Derma Angel Acne Patch Night 12S di Sini

5. Benzolac 

Benzolac

Benzolac merupakan obat dalam sediaan gel yang dapat mengatasi jerawat pada kulit. Produk ini mengandung senyawa aktif benzoyl peroxide yang efektif untuk membersihkan jerawat di kulit. 

Benzoyl peroxide bekerja sebagai antiseptik yang dapat mengurangi bakteri pada permukaan kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat mengurangi jumlah whiteheads dan blakedas pada kulit. Obat dalam bentuk topikal ini umumnya digunakan untuk mengatasi masalah jerawat ringan hingga sedang. 

Obat jerawat Benzolac memiliki dua varian, yaitu konsentrasi 2,5% dan 5% yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Beli Benzolac 2.5% Gel 5 gr di Sini

Beli Benzolac 5% Gel 5 gr di Sini

6. Benzolac CL

Benzolac CL

Benzolac CL cocok digunakan untuk jerawat yang disebabkan oleh bakteri dan mengalami peradangan. Obat ini mengandung senyawa aktif benzoyl peroxide dan clindamycin

Clindamycin merupakan obat golongan antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Kombinasi senyawa aktif dalam obat jerawat ini dapat mengurangi peradangan, membuka pori-pori kulit yang tertutup, serta membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Benzolac CL merupakan obat dalam golongan obat keras. Oleh sebab itu, dosis dan penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Beli Benzolac CL Gel 10 gr di Sini

7. Vitacid

Vitacid

Vitacid merupakan obat jerawat yang digunakan untuk mengatasi jerawat yang parah atau jerawat batu. 

Obat jerawat dalam bentuk krim ini mengandung senyawa aktif tretinoin. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara mempercepat pengelupasan kulit, dengan demikian pori-pori yang tersumbat dapat terbuka. Hasilnya, jerawat pun dapat lebih cepat kempis.

Tidak hanya mampu mengatasi jerawat, obat ini juga dapat digunakan untuk menyamarkan bintik hitam di wajah, serta mengurangi kerutan halus. 

Termasuk dalam golongan obat keras, Vitacid hanya bisa  didapatkan dengan resep dokter. Hindari mengurangi atau menambahkan dosis obat tanpa persetujuan dokter. 

Beli Vitacid 0.025% Cream 15 gr di Sini

Beli Vitacid 0.05% Cream 20 gr di Sini

Beli Vitacid 0.1% Cream 20 gr di Sini

8. Niacef Gel

Niacef Gel

Niacef Gel merupakan obat dalam bentuk topikal atau oles yang dapat mengatasi jerawat yang meradang, seperti papula dan pustula.  

Obat ini mengandung senyawa aktif nicotinamide atau vitamin B3, yang dapat membantu menenangkan peradangan pada kulit. Selain itu, obat ini juga dapat menekan produksi minyak di kulit. Dengan demikian, jerawat pun dapat dicegah. 

Niacef Gel termasuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Niacef Gel 15 gr di Sini

9. Zelface

Zelface

Zelface merupakan obat jerawat dalam bentuk krim yang dapat membantu mengatasi jerawat dan rosacea. Kandungan azelaic acid atau asam azaleat bekerja dengan meredakan peradangan, mencegah penumpukan sel kulit mati, serta membunuh bakteri penyebab jerawat.

Zelface termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Hindari menambah atau mengurangi dosis obat tanpa persetujuan dokter. 

Beli Zelface 20% Cream 10 gr di Sini

10. Medi-Klin Gel

Medi-Klin Gel

Medi-Klin merupakan obat oles dengan kandungan antibiotik yang dapat mengatasi jerawat. Obat ini mengandung antibiotik clindamycin phosphate. 

Clindamycin phosphate merupakan antibiotik yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, yaitu P. acnes. Selain itu, obat ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. 

Tergolong dalam obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. Hindari menghentikan penggunaan obat ini secara tiba-tiba tanpa persetujuan dokter, bahkan jika kondisi kulit sudah membaik. 

Beli Medi-Klin Gel 15 gr di Sini

11. Erymed Gel

Erymed Gel

Erymed Gel merupakan obat dalam bentuk oles yang dapat mengatasi berbagai masalah jerawat. Obat ini dapat mengatasi jerawat yang disertai peradangan, papula (jerawat yang menonjol kemerahan), dan pustula (jerawat yang mengandung nanah). 

Dalam Erymed, terdapat kandungan senyawa aktif erythromycin. Senyawa aktif ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Erymed Gel termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Erymed Gel 15 gr di Sini

Demikian beberapa obat jerawat yang dapat ditemukan di Apotek. Beberapa obat hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Apabila Anda memiliki masalah jerawat yang tidak kunjung membaik atau semakin bertambah parah, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Mayo Clinic Staff. 2022. Acne. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047. (Diakses pada 10 November 2023).
NHS UK. 2023. Acne: Treatment. https://www.nhs.uk/conditions/acne/treatment/. (Diakses pada 10 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan