Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Hirsutisme

Hirsutisme adalah kondisi dimana wanita mengalami pertumbuhan rambut berlebih pada tempat yang tidak biasanya seperti pada wajah dagu, di atas bibir (kumis), perut, dan dada. Pertumbuhan rambut tebal pada area tersebut umumnya dialami oleh laki-laki.

Rambut yang tumbuh berbentuk kasar, berbeda dengan rambut lembut dan bercahaya yang menutupi kepala manusia.

Pertumbuhan rambut secara berlebih pada wanita dapat berlangsung cepat dan dalam jangka panjang. Sehingga tidak heran jika sebagian wanita yang mengalami kondisi ini merasa stres dan tertekan. British Skin Foundation melansir, hirsutisme mempengaruhi sekitar 10% wanita di negara-negara bagian barat dan sebagian besar dialami oleh wanita yang berada pada wilayah mediterania atau keturunan timur tengah.

Penyebab Hirsutisme

Penyebab Hirsutisme biasanya di pengeruhi genetik, hormon, atau obat-obatan.

Genetik
Terkadang kondisi ini menurun dari keluarga yang memiliki riwayat hirsutisme. Risiko akan lebih tinggi jika Ibu atau saudara perempuan mengalaminya.

Hormon
Hirsutisme juga disebabkan tingginya hormon androgen di dalam tubuh, atau tubuh wanita yang menjadi lebih sensitif terhadap hormon tersebut. Hormon androgen itu sendiri merupakan hormon yang berfungsi mengatur karakteristik pada pria seperti pertumbuhan rambut dan perubahan suara.

Baca juga: Artikel kesehatan lainnya

Sebetulnya adanya hormon androgen pada tubuh wanita adalah hal yang normal. Akan tetapi jika kadar hormon berlebihan justru dapat menyebabkan wanita mengalami hirsutisme, atau bahkan masalah lainnya seperti mudah berjerawat atau suara berat.

Selain itu tingginya hormon laki-laki pada tubuh wanita umumnya lebih sering dialami oleh wanita yang memiliki masalah medis seperti:

  • Polycystic ovary syndrome (PCOS), yaitu sindrom yang berasal dari ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan timbulnya kista di ovarium.
  • Tumor di kelenjar adrenal atau di ovarium
  • Cushing syndrome, yang diakibatkan jika seseorang memiliki kortisol (hormon yang dilepaskan oleh tubuh ketika stres) dalam jangka waktu yang lama.

Obat

Perlu Anda ketahui beberapa obat dapat mengubah sistem hormon. Sehingga memungkinkan rambut yang tidak Anda inginkan justru tumbuh pada wajah atau bagian tubuh, termasuk obat yang mengandung banyak hormon (steroid) obat pemacu pertumbuhan rambut (minoxidil), dan obat danocrine yang biasa digunakan untuk mengatasi jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim (endometriosis).

Gejala Hirsutisme

Pada wanita penderita hirsutisme gejala ditandai dengan tumbuhnya, rambut lebat pada beberapa bagian seperti dada, punggung, dan wajah.

Tidak hanya tumbuh rambut pada bagian yang tidak wajar saja. Gejala hirsutisme juga disertai dengan:

  • Suara berat
  • Kulit berminyak
  • Berjerawat
  • Periode menstruasi yang tidak teratur

Apakah Penderita Hirsutisme Harus ke Dokter?

Sebaiknya segera temui dokter jika Anda mengalami gejala yang disertai dengan beberapa hal seperti:

  • Mengalami masalah menstruasi
  • Obesitas
  • Tubuh terlalu banyak menghasilkan hormon pertumbuhan (akromali) sehingga pertumbuhan tubuh menjadi lebih cepat.
  • Mengalami masalah yang terkait dengan kelebihan hormon androgen seperti kebotakan, rambut menipis.

Penanganan Hirsutisme

Kondisi hirsutisme dapat ditangani melalui beberapa perawatan sebagai langkah awal untuk menghilangkan rambut-rambut yang tidak Anda inginkan antara lain:

Waxing

Cara cepat untuk menghilangkan rambut-rambut hingga ke akarnya adalah dengan waxing. Umumnya waxing dapat dilakukan pada salon-salon kecantikan. Metode ini menggunakan lilin yang oleskan pada rambut dan dibiarkan mengeras lalu rambut dicabut.

Laser Hair Removal

Metode hair removal menggunakan laser, meski cepat namun tidak begitu efektif karena terkadang rambut akan tumbuh lagi sehingga Anda harus mengulanginya dalam beberapa kali.

Elektrolisa

Metode ini memanfaatkan arus listrik untuk mencabut rambut hingga ke akarnya. Apabila dilakukan dengan teratur, maka pertumbuhan rambut akan berhenti pada area yang dirawat.

Bleaching

Teknik ini dapat Anda gunakan jika ingin menghilangkan rambut-rambut di area yang tidak diinginkan tanpa harus merasakan panas atau sakit akibat pencabutan rambut. Metode bleaching dilakukan dengan menyamarkan warna rambut. 

Pengobatan

Pencegahan penyakit hirsutisme juga dapat dilakukan melalui pengobatan medis dengan pemberian obat hormon yang disesuaikan pada penyebabnya, seperti:

  1. Obat antiandrogen, obat ini bekerja dengan mencegah hormon androgen melekat pada reseptornya sehingga membantu tubuh untuk mengurangi produksi hormon laki-laki. Alhasil, pertumbuhan rambut pada wajah dan tubuh dapat berkurang.
  2. Obat eornithinfle (Vaniqa), obat eflornithine adalah obat krim yang dapat Anda oleskan pada bagian wajah dan tubuh yang ditumbuhi banyak rambut.
  3. Pil KB, berguna agar tubuh lebih sedikit menghasilkan hormon. Sebaiknya menggunakan pil kb secara rutin agar pertumbuhan rambut semakin berkurang. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter.

Kesimpulan

Kondisi hirsutisme, ditandai dengan tumbuhnya rambut-rambut kasar pada area yang identik dengan karakteristik laki-laki seperti pada wajah, di atas bibir (kumis), punggung dan dada. Umumnya kemunculan gejala disertai dengan periode menstruasi yang tidak teratur atau memiliki kulit yang berminyak.

Hirsutisme dapat disebabkan oleh faktor genetik, hormon, dan penggunaan obat.

Penanganan berupa perawatan pada area yang ditumbuhi rambut dan pemberian obat dapat dilakukan untuk membantu mengontrol pertumbuhan rambut.

britishskinfoundation.org.uk.What is hirsutism
familydoctor.org. Hirtusism Condition. Januari 2018

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya