Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

4 Obat Kapalan untuk Kaki dan Tangan yang Aman Digunakan

obat kapalan di apotek

Apakah kulit kaki atau tangan Anda terasa menebal dan keras? Kalau iya, mungkin Anda mengalami kapalan. Meski kondisi ini tidak berbahaya, nyatanya kapalan dapat mengganggu penampilan, bahkan memicu infeksi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba obat kapalan yang Farmaku rangkum di artikel ini. Yuk, simak terus pembahasannya!

Obat Kapalan yang Bisa Ditemukan di Apotek

Kapalan adalah kondisi ketika bagian kulit menebal. Penebalan kulit ini sering kali terjadi pada kaki, tetapi dapat juga menimpa bagian kulit lain, seperti tangan, lutut, atau siku.

Penyebab kapalan umumnya adalah gesekan, tekanan, atau iritasi. Meski tidak berbahaya, kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan terkadang menyakitkan saat Anda menekannya.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba menggunakan obat kapalan yang tersedia di apotek. Obat kapalan dapat membantu melunakkan bagian kulit yang mengeras dan mempermudah pengelupasan kulit.

Berikut ini beberapa rekomendasi obat kapalan yang bisa Anda coba:

1. Salep 2 – 4

Salep 2 - 4

Obat ini mengandung bahan acidum salycylicum 2% dan sulfur praecipitate 4%. Kandungan tersebut dapat mengatasi masalah kulit seperti kapalan, psoriasis, mata ikan, dan kutil.

Penggunaan salep ini cukup dengan cara dioleskan pada bagian kulit yang kapalan sebanyak 2 kali sehari. Oleskan secara tipis dan merata pada kulit kapalan.

Hindari penggunaan salep pada bagian kulit di sekitar mata, mulut, hidung, dan kulit yang terbuka. Selain itu, wanita hamil dan penderita diabetes hindari menggunakan salep ini.

Apabila kondisi kulit semakin parah atau muncul reaksi alergi ketika menggunakan salep, sebaiknya hentikan pemakaian. Temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Beli Salep 2-4 di Sini

2. Callusol

Callusol

Obat Callusol digunakan untuk mengatasi kondisi kulit seperti kapalan, mata ikan, dan kutilan. Obat ini bekerja dengan cara mempercepat proses pengelupasan dan pergantian sel kulit.

Callusol mengandung bahan-bahan seperti asam laktat, asam salisilat, dan polidocanol. Kandungan tersebut dapat mengatasi penebalan dan melunakkan kulit yang mengalami penebalan secara bertahap. 

Untuk penggunaan obat ini, cukup tuangkan pada kasa atau kapas, lalu tempelkan pada bagian kulit yang kapalan semalaman. Setelah itu, ratakan dan biarkan hingga mengering.

Beberapa hari setelah itu, Anda bisa mandi air hangat agar kulit yang kapalan dapat melunak dan terkelupas. 

Perlu diketahui, obat ini tidak boleh digunakan pada kutil berbulu, tahi lalat, dan kulit di daerah wajah atau kelamin. Bagi wanita hamil, hindari pengobatan menggunakan Callusol. 

Beli Callusol di Sini

3. Kalpanax Salep

Kalpanax Salep

Selain digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti panu, kutu air, dan kadas. Kalpanax Salep juga bisa dijadikan sebagai obat kapalan karena mengandung asam salisilat.

Salep ini juga mengandung bahan lainnya, seperti menthol, asam benzoate, sulfur presipitatum, dan champor.

Untuk penggunaan Kalpanax Salep, cukup oleskan pada bagian kulit kapalan perlahan dan tipis-tipis sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam. Sebelum mengoleskan salep, pastikan kulit dalam kondisi sudah dibersihkan dan kering.

Apabila terjadi alergi akibat kandungan di salep ini atau efek samping lainnya seperti gatal, peradangan, iritasi kulit, dan kulit kemerahan sebaiknya hentikan penggunaan.

Beli Kalpanax Salep di Sini

4. Salep 88

Salep 88

Obat untuk mengatasi kapalan selanjutnya adalah Salep 88. Beberapa kandungan di dalam salep ini dapat membantu mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri.

Salep ini mengandung acidum benzoicum dan asam salisilat yang bekerja dengan cara menambah kelembapan kulit serta mempermudah pengelupasan kulit.

Sementara itu, sulfur praecipitatum yang terkandung di dalam salep dapat menghilangkan sisik-sisik kulit yang kasar. Champora, salah satu tanaman herbal yang ada pada produk ini, bekerja dengan merawat kulit yang sakit.

Beli Salep 88 di Sini

Nah, itulah beberapa obat kapalan yang bisa Anda temukan di apotek. Selain menggunakan obat-obatan topikal di atas, Anda juga dapat menangani kapalan dengan perawatan rumahan.

Rendamlah kaki atau tangan yang terinfeksi dengan air hangat. Selain itu, pastikan untuk menjaga kelembapan kulit. Gunakan pelembap yang mengandung asam salisilat, amonium laktat, atau urea. Bahan-bahan ini dapat membantu melunakkan kulit yang kapalan secara bertahap.

Konsultasikan kepada dokter mengenai penggunaan obat kapalan yang efektif untuk kondisi Anda. Download aplikasi Farmaku untuk konsultasi dengan dokter lebih mudah.

Baca juga:

American Academy of Dermatology Association. How to Treat Corns and Calluses. https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/treat-corns-calluses. (Diakses pada 28 November 2023).
Newman, Tim. 2023. All about Corns and Calluses. https://www.medicalnewstoday.com/articles/172459. (Diakses pada 28 November 2023).

Sumber

Artikel Lainnya