Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Obat Masuk Angin Paling Ampuh di Apotek

Masuk angin membuat tubuh tidak nyaman hingga terkadang mengganggu aktivitas. Gejalanya dapat berupa perut kembung, mual, pusing, hingga sakit kepala. Anda dapat mengatasinya dengan minum obat masuk angin yang tersedia di apotek.

Obat untuk Mengatasi Masuk Angin Paling Ampuh

Keluhan masuk angin umumnya muncul karena daya tahan tubuh seseorang menurun. Hal ini membuat penderita rentan terinfeksi, baik oleh virus maupun bakteri.

Supaya gejala yang mengganggu tidak terus menetap, berikut ini beberapa pilihan obat masuk angin yang bisa Anda temukan di apotek:

1. Tolak Angin

Tolak Angin

Tolak Angin merupakan obat yang dapat menjadi pilihan saat gejala masuk angin menyerang. Selain itu, obat ini terkadang digunakan untuk menangani mabuk perjalanan.

Kombinasi kayu ules, daun cengkeh, buah adas, jahe, dan madu di dalam obat dapat membantu meredakan gejala masuk angin, seperti mual, meriang, sakit perut, dan perut kembung.

Tidak hanya meringankan gejala masuk angin dan mabuk perjalanan, Tolak Angin dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga Anda tidak mudah sakit.

Beli Tolak Angin Cair 12S di Sini

2. Fresh Care

Fresh Care

Fresh Care dapat menjadi salah satu pilihan untuk meredakan keluhan masuk angin. Minyak angin modern ini memiliki kandungan Eucalyptus yang dapat memberikan sensasi hangat yang menenangkan.

Anda dapat menggunakannya untuk meringankan sejumlah gejala, seperti  sakit kepala, perut kembung, dan hingga pegal-pegal.

Beli Fresh Care Mix Eucalyptus Botol 5 ml di Sini

3. Plossa

Plossa

Pilihan lainnya untuk meredakan keluhan masuk angin adalah Plossa. Minyak angin ini memiliki bentuk roll-on sehingga praktis dan mudah untuk digunakan.

Khasiat Plossa untuk mengatasi gejala masuk angin berasal dari kandungan menthol dan peppermint yang terkandung di dalamnya.

Kedua kandungan tersebut dapat membantu meredakan sejumlah keluhan masuk angin, seperti mual, sakit kepala, perut kembung, dan pegal-pegal.

Anda dapat menggunakannya sebagai minyak angin oles pada area yang sakit ataupun inhaler untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

Beli Plossa Eucalyptus 8 ml (Hijau) di Sini

4. OBH Combi

OBH Combi

Saat masuk angin, salah satu gejala yang dapat muncul adalah batuk-batuk. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari jika dibiarkan.

Untuk mengatasinya, OBH Combi dapat menjadi pilihan obat yang pas. Obat berbentuk sirup ini dapat membantu meredakan keluhan batuk yang disertai gejala-gejala flu.

Beberapa gejala yang dapat ditangani oleh obat ini, di antaranya bersin, sakit kepala, dan hidung tersumbat.

Beli OBH Combi Batuk Plus Flu Menthol Syrup 60 ml

Beli OBH Combi Batuk Plus Flu Menthol Syrup 100 ml

5. Promag Gazero Herbal

Promag Gazero Herbal

Gazero Promag Herbal dapat membantu mengatasi keluhan masuk angin, seperti mual dan muntah, perut kembung, dan gangguan pada lambung.

Produk ini mengandung delapan jenis herbal yang dapat membantu memberikan kehangatan dan kenyamanan pada perut. Hal ini tentu saja dapat meringankan keluhan yang dirasakan.

Cara menggunakannya juga cukup praktis. Anda bisa meminum obat secara langsung atau mencampurnya dengan air hangat.

Beli Gazero Promag Herbal 10 ml di Sini

6. Woods Herbal

Woods Herbal

Batuk-batuk merupakan gejala umum ketika masuk angin. Kondisi ini tentu sangat mengganggu, bahkan bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Woods Herbal dapat menjadi salah satu pilihan obat untuk meredakan batuk. Obat ini dapat membantu dengan mengencerkan dahak yang menyumbat di tenggorokan sehingga keluhan batuk dapat berkurang.

Beli Woods Naturals Syrup 60 ml di Sini

7. OB Herbal

OB Herbal

Masuk angin sering kali disertai dengan keluhan batuk yang mengganggu. Salah satu pilihan obat herbal yang dapat mengatasinya adalah OB Herbal.

Obat berbentuk sirup ini terbuat dari ekstrak bahan-bahan alami, seperti jahe, akar manis, jeruk nipis, biji pala, madu, dan meniran. Seluruh kandungan tersebut dapat mengatasi gejala masuk angin dan melegakan tenggorokan.

Beli OB Herbal 60 ml di Sini

Beli OB Herbal 100 ml di Sini

8. New Enzyplex

New Enzyplex

New Enzyplex berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung dan rasa penuh pada lambung. 

Obat ini mengandung beberapa enzim yang terdiri dari amilase, protease, dan deoxycholic acid. Kandungan tersebut dapat membantu mempercepat proses pencernaan. Selain enzim, produk ini diperkaya dengan kandungan beberapa vitamin.

Agar kerjanya lebih efektif, sebaiknya Anda mengonsumsi obat New Enzyplex saat makan atau sesudah makan.

Beli New Enzyplex di Sini

9. Sanmol

Sanmol

Sanmol adalah obat yang mengandung paracetamol. Kandungan ini mampu meredakan demam dan mengurangi nyeri ringan sampai sedang, seperti sakit kepala saat masuk angin.

Sanmol mempunyai sifat yang tidak mengiritasi lambung sehingga aman diminum sebelum atau sesudah makan.

Beli Sanmol Strip 4 Tablet di Sini

10. Panadol Biru

Panadol Biru

Pilihan obat untuk mengatasi flu dan batuk saat masuk angin adalah Panadol Biru. Obat ini mengandung zat aktif paracetamol yang berkhasiat untuk menurunkan demam.

Paracetamol di dalamnya bekerja dengan menghambat pembentukan prostaglandin, yakni senyawa yang memicu nyeri. Umumnya kandungan ini terdapat di dalam obat penurun demam dan penghilang nyeri atau rasa sakit.

Beli Panadol Biru Strip 10 Tablet di Sini

11. Paramex

Paramex

Paramex merupakan obat yang mengandung kombinasi zat aktif paracetamol, propyphenazone, dexchlorpheniramine, dan kafein.

Kandungan-kandungan di dalam obat tersebut berkhasiat untuk menangani masuk angin yang disertai gejala demam dan sakit kepala. untuk meredakan demam.

Obat ini bisa menimbulkan efek mengantuk. Oleh karena itu, setelah minum obat, pastikan Anda tidak mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Selain itu, meskipun Paramex dapat digunakan tanpa resep dokter, Anda perlu memperhatikan aturan penggunaan obat dengan baik untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Beli Paramex Strip 4 Tablet di Sini

12. Procold

Procold

Demam, hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga demam, merupakan keluhan masuk angin yang dapat dirasakan. Jika hal ini terjad, segera atasi dengan Procold.

Procold mengandung paracetamol, pseudoephedrine HCl, dan chlorpheniramine maleate. Kombinasi bahan aktif tersebut dapat membantu meredakan keluhan masuk angin.

Procold tergolong obat bebas terbatas. Jadi, meskipun bisa digunakan tanpa resep dokter, selalu perhatikan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Beli Procold Flu PE Strip 6 Tablet di Sini

13. Decolgen

Decolgen

Decolgen mengandung zat aktif chlorpheniramine maleate yang dikombinasikan dengan paracetamol dan phenylpropanolamine HCl. Kandungan tersebut efektif meredakan demam dan gejala alergi berupa bersin-bersin pada saat masuk angin.

Selama menggunakan obat ini, waspadai efek samping yang dapat terjadi, misalnya rasa kantuk. Selain itu, perhatikan dengan baik dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Beli Decolgen Strip di Sini

14. Bufect

Bufect

Bufect dapat menjadi alternatif obat untuk meredakan demam dan sakit kepala jika Anda mengalami alergi terhadap paracetamol. 

Obat ini mengandung bahan aktif ibuprofen yang bekerja dengan menghambat pembentukan prostaglandin, sebuah zat kimia yang dapat memicu demam dan nyeri. 

Kandungan Ibuprofen dalam obat ini dapat menimbulkan iritasi pada lambung. Oleh sebab itu, obat ini harus diminum setelah makan. 

Beli Bufect Tablet di Sini

15. Benadryl

Benadryl

Benadryl adalah obat yang dapat mengatasi keluhan batuk akibat masuk angin. Khasiat ini berasal dari kandungan dua bahan aktif di dalamnya, yaitu diphenhydramine HCl dan alummonium chloride.

Selain itu, Benadryl juga dapat membantu meredakan gejala lain pada saluran pernapasan, seperti bersin-bersin dan gatal pada tenggorokan.

Beli Benadryl Original Syrup 50 ml di Sini

Itu dia daftar obat masuk angin di apotik yang bisa Anda coba. Pastikan untuk memperbanyak minum air dan istirahat yang cukup untuk mempercepat penyembuhan.

Jika keluhan tidak kunjung membaik atau justru semakin parah, segera periksakan kondisi ke dokter atau chat dokter rekanan Farmaku untuk konsultasi. Download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Anonim. 2023. Common Cold. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12342-common-cold. (Diakses pada 17 November 2023).
The Healthline Editorial Team. 2019. Drugs to Relieve Common Cold Symptoms. https://www.healthline.com/health/common-cold-drugs. (Diakses pada 17 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan