Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Manfaat Daun Afrika atau Sambung Nyawa. Benarkah Ampuh?

 18 Jan 2019 daun afrika | kesehatan



manfaat daun afrika


Daun afrika atau sambung nyawa memiliki nama ilmiah vernonia amygdalina dari keluarga asteraceae atau tumbuhan kenikir-kenikiran atau dikenal juga dengan nama daun pahit atau bitter leaf.

 

Daun sambung nyawa ini banyak ditemukan di daerah Afrika tropis dan telah digunakan selama ratusan tahun untuk pengobatan penyakit oleh penduduk setempat. Tumbuhan ini secara liar di pesisir sungai dan danau, hutan, dan padang rumput. Namun karena dianggap bermanfaat dan digunakan sebagai komposisi obat herbal, tumbuhan ini dibudidayakan secara komersial.

 

Vernonia amygdalina dapat tumbuh mencapai 1 sampai 3 meter. Rasa daun afrika terkenal pahit dengan bau yang unik.

 

 

 

Daun Afrika Telah Dimanfaatkan Masyarakat Afrika Sejak Lama

Daun sambung nyawa paling banyak tumbuh di wilayah Afrika, khususnya di negara Nigeria, Kamerun, dan Zimbabwe. Daun ini sudah terbukti memiliki reputasi di kalangan masyarakat Afrika sebagai obat herbal alami karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

 

Kegunaan dan manfaatnya:

  • Obat malaria
  • Obat enema, untuk mengatasi sulit buang air besar
  • Expectorant, sebagai obat untuk melegakan saluran pernapasan dan tenggorokan saat batuk
  • Obat cacing
  • Obat kesuburan untuk wanita
  • Obat infeksi kulit
  • Obat jerawat
  • Obat sakit perut

 

Telah diketahui, simpanse di daerah Tanzania menggunakan daun ini untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh parasit.

 

Selain sebagai obat, daun ini juga digunakan sebagai bahan utama atau bumbu sebuah masakan yang dikenal dengan nama sup daun pahit atau bitter leaf soup. yang digunakan ke dalam masakan, biasanya direndam di dalam air terlebih dahulu untuk mengurangi rasa pahitnya.

 

Daun asal afrika ini juga sering dikonsumsi begitu saja sebagai makanan pembuka. Dan air hasil rendamannya biasa diminum karena dipercaya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah penyakit.

 

 

 

Manfaatnya Untuk Kesehatan Secara Medis

Setelah mengetahui untuk apa daun afrika digunakan secara tradisional oleh masyarakat Afrika, perlu kita ketahui manfaat daun afrika untuk kesehatan secara ilmiah.

 

Berdasarkan penelitian medis, daun ini diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk manusia. Kandungan yang ternanam di daun ini bersifat organik dan memiliki khasiat sebagai obat untuk melawan karsinoma atau sel kanker pada kanker nasofaring.

 

Khasiat daun herbal ini tidak berhenti sampai disitu, daun ini juga ternyata berfungsi sebagai:

  • Obat disentri yang disebabkan oleh amoeba
  • Obat untuk mencegah masalah pada sistem pencernaan
  • Obat anti mikroba serta anti parasit

 

Artikel ini akan menjabarkan manfaat daun afrika untuk kesehatan secara lebih rinci.

   

Manfaat Sebagai Antioksidan

Dengan metode penelitian spectroscopic, flavonoid ditemukan sebagai salah satu kandungan daun asal afrika. Ada 3 jenis flavonoid yang berhasil diidentifikasi berada di dalamnya. Flavonoid tersebut antara lain luteolin, luteolin 7-O-β-glucuronoside, and luteolin 7-O-β-glucoside

 

Dapat disimpulkan sifat antioksidan daun afrika berasal dari 3 jenis flavonoids ini. Flavonoid juga sering ditemukan dalam buah-buahan yang mengandung vitamin C. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar UV dan polusi udara, sehingga mengurangi risiko kanker.

 

Selain sebagai antioksidan, flavonoid juga memiliki manfaat sebagai anti virus, anti alergi, dan anti inflamatori atau peradangan.

 

 

Manfaat untuk Kanker

Penelitian medis menunjukkan bahwa ekstrak kloroform atau triklorometana yang diambil dari daun afrika, memberikan efek penghambatan atau pencegahan terhadap pertumbuhan sel kanker pada area nasofaring.

 

Pada penelitian lain, daun ini juga diketahui dapat mencegah risiko kanker payudara. Kandungan daun afrika diketahui secara ilmiah dapat mencegah pertumbuhan sel tumor di area payudara.

 

 

Manfaat untuk Diabetes

Masyarakat Afrika sejak jaman dahulu sudah percaya dengan khasiat daun afrika sebagai obat diabetes.

 

Hal ini dibuktikan oleh sebuah jurnal kesehatan yang menemukan bahwa daun ini memiliki kandungan yang bersifat anti diabetes, yaitu flavonoid, alkaloid, terpenoid, dan saponin.

 

Flavonoid, alkaloid, dan terpenoid berfungsi mengurangi kadar gula dalam darah seperti insulin. Saponin dapat meringankan kondisi hiperglikemia (kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam plasma darah) akibat stress oksidatif pada penyakit diabetes tipe 2.

 

 

Manfaat untuk Jantung

Menurut penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Pharmaceutical Research, daun ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan mengakibatkan berbagai masalah serius, seperti stroke dan penyakit jantung.

 

Perlu diingat, penelitian untuk mengetahui manfaat tumbuhan asal afrika dalam mengatasi masalah kolesterol ini hanya dilakukan pada hewan laboratorium. Harap konsultasi dengan dokter apabila Anda ingin mengkonsumsi daun afrika untuk membantu masalah kolesterol yang Anda alami. 

 

 

Manfaat untuk Pencernaan

Penelitian telah dilakukan pada ayam untuk mengetahui efek daun asal afrika terhadap kesehatan pencernaan. Makanan untuk ayam telah dicampur dengan daun afrika kering dalam konsentrasi tertentu.

 

Kelompok ayam yang diberi makanan bercampur daun afrika menunjukkan pertumbuhan bakteri baik atau prebiotik seperti Lactobacillus and Enterococcus di dalam sistem percernaan mereka.

 

Bakteri salmonella dan E.coli yang sebelumnya banyak ditemukan di dalam sistem pencernaan ayam percobaan tersebut, berkurang jumlahnya dan hilang total setelah 4 minggu mengkonsumsi daun herbal asal afrika ini. Bakteri ini kembali muncul pada minggu ke-7 dan ke-8 namun dalam jumlah yang sangat sedikit.

 

Hasil studi ini menunjukkan daun afrika kering dapat berperan sebagai probiotik dan membantu mengatasi serta mengurangi risiko terjadinya penyakit pada sistem pencernaan.

 

 

 

Kesimpulan

Penggunaan daun afrika secara jangka panjang dalam pengobatan medis masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu manfaat dan efek samping daun afrika secara jangka panjang belum dapat dipastikan secara ilmiah.

 

Namun, berdasarkan banyak hasil penelitian, kandungan daun herbal asal afrika menunjukkan sifat antioksidan dan anti kanker yang luar biasa. Daun afrika dapat menjadi obat herbal alternatif yang bersifat alami untuk terapi pencegahan kanker.

 

Daun afrika juga memiliki fungsi untuk mencegah dan mengobati berbagai kondisi serius, seperti diabetes, kolesterol, dan gangguan pencernaan.

 

Baca juga:Artikel kesehatan lainnya

 

Alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi daun afrika, Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan alergi ataupun masalah yang mungkin timbul akibat mengkonsumsi daun ini. Memiliki opini dan rekomendasi dokter atau ahli medis profesional dapat mengurangi risiko Anda mengalami efek samping daun sambung nyawa ini yang belum diketahui secara medis.





Bagikan artikel ini :




daun afrika   kesehatan