Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rambut Bayi Tipis dan Jarang, Jangan Sepelekan Penyebabnya!

Setiap orang tua tentu menginginkan kondisi yang terbaik untuk anak-anaknya. Salah satunya rambut anak yang tumbuh lebat dan indah. Sayangnya, beberapa rambut bayi tipis dan jarang ketika mereka dilahirkan. Dalam beberapa kasus hal ini mungkin norma saja terjadi. Namun dalam beberapa kasus lainnya, hal tersebut bisa menunjukan suatu kondisi yang serius lho FarmaFriends.

Penyebab rambut bayi tipis dan jarang

Dilansir dari Everyday Health, kerontokan rambut pada anak merupakan sesuatu yang umum terjadi. Sama halnya seperti rambut orang dewasa, rambut anak-anak juga memiliki fase telogen.

Apa itu fase telogen ?

Fase telogen merupakan fase istirahat yang terjadi pada rambut. Dimana rambut mengalami kerontokan. Sekitar 6-8% dari jumlah rambut berada dalam fase ini pada suatu waktu. Sekitar tiga bulan dalam fase telogen, rambut rontok dan yang baru tumbuh di tempatnya.


Tebal tipisnya rambut bayi merupakan kombinasi dari faktor genetis, etnis, dan hormon. Rambut bayi pada dasarnya sudah mulai berkembang saat ia berusia 5 bulan dalam kandungan dan akan rontok dengan sendirinya ketika ia berusia 4 bulan setelah dilahirkan. Digantikan dengan rambut baru yang mengikuti pola rambut orang tuanya.


Proses tumbuhnya rambut bayi umumnya akan dimulai saat ia berusia 6 bulan berlangsung hingga ia memasuki usia balita.

Ada juga beberapa bayi lahir dengan bagian belakang kepala yang terlihat botak. Mengapa bisa terjadi? Alasannya karena gesekan antara kepala dan bantal bisa menyebabkan titik-titik botak. Namun titik kebotakan akan hilang dengan sendirinya saat si kecil mulai bisa tengkurap.


Cara melebatkan rambut bayi

Melihat iklan sampo bayi di televisi yang dibintangi oleh bayi dengan rambut lebat dan tampak sehat tidak menutup kemungkinan membuat para orang tua penasaran bagaimana cara melebatkan rambut bayi.

Sebenarnya penting untuk dipahami, layaknya tumbuh kembang anak, pertumbuhan rambut pada setiap anak pun tidaklah sama. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir secara berlebih atau membandingkan satu dengan lainnya. Masih banyak cara yang dapat dilakukan agar rambut bayi tumbuh dengan lebat diantaranya sebagai berikut:

1. Berikan nutrisi yang cukup

nutrisi untuk rambut bayi

Salah satu cara agar rambut bayi tumbuh lebat adalah dengan memperhatikan asupan gizi yang baik bagi anak. Dengan begitu zat-zat yang dibutuhkan anak khususnya untuk pertumbuhan rambut akan tercukupi.

Pastikan asupan ASI dan kandungan gizi komplit seperti telur, sayuran, buah-buahan tercukupi dengan baik.

2. Potong rambut si kecil secara berkala

cara melebatkan rambut anak


Tidak sedikit orang tua yang ragu memotong rambut anak yang masih terlihat pendek dan begitu tipis. Padahal, memotong rambut secara berkala merupakan salah satu cara agar kulit kepala bayi bersih dan sehat sehingga mampu mempercepat pertumbuhan rambut bayi.

Cuci rambut bayi dengan teratur. Gunakan air hangat sehingga bayi tetap

3. Rutin mengoleskan minyak kemiri

minyak kemiri untuk rambut bayi

Sejak dulu kemiri dipercaya memiliki manfaat yang banyak untuk kesuburan rambut. Tidak hanya untuk orang dewasa, manfaat minyak kemiri untuk bayi ini jarang diketahui orang. Selain dapat menghitamkan warna rambut, kemiri juga berguna untuk melebatkan rambut. Cara membuatnya pun tidak sulit, bakarlah beberapa butir kemiri hingga mengeluarkan minyak, lalu olesi minyak tersebut pada rambut bayi Anda.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minyak Kemiri untuk Pertumbuhan Rambut


4. Pijat kulit kepala bayi Anda

pijatan untuk menumbuhkan rambut

Pijatan lembut tangan Anda pada kepala bayi adalah langkah mudah melebatkan rambut bayi. Jenis perawata yang satu ini bisa meningkatkan peredaran aliran darah serta meransang pertumbuhan rambut.

Berikan pijatan lembut dengan durasi 30 detik setiap kali pijatan. Anda bisa menambahkan minyak esensial seperti lavender, peppermint, dan lainnya.

5. Gunakan lidah buaya

bahan alami untuk melebatkan rambut

Lidah buaya juga sangat beranfaat untuk perawatan rambut dan kulit kepala bay, sehingga banyak orang yang menggunakan liday buaya sebagai cara melebatkan rambut bayi secara alami. Hal ini dikarenakan penggunaan lidah buaya pada rambut bayi yang tergolong praktis dan hasilnya cukup memuaskan. Manfaat Aloe vera atau lidah buaya juga dapat dengan mudah Anda temukan dalam beberapa produk sampo bayi seperti Cussons Baby Shampoo Coconut Oil & Aloe Vera .

6. Gunakan minyak kelapa

minyak penyubur rambut


Tidak jarang minyak kelapa digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut dan kulit kepala orang dewasa. Penggunaan minyak kelapa juga bisa Anda terapkan pada rambut si kecil lho. Caranya pun mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan merebus santan hingga keluar minyak, kemudian olesi minyak kelapa pada kepala bayi sambil berikan pijatan lembut.

7. Perhatikan jadwal keramas

melebatkan rambut bayi alami


Salah satu penyebab rambut bayi tipis dan mudah rontok yakni sering mencuci rambut. Ternyata, sering mencuci rambut si kecil bisa menyebabkan kulit kepalanya menjadi kering. Terlebih jika produk shampo yang digunakannya tidak tepat.

8. Gunakan kondisioner

Kondisioner merupakan pelengkap sampo yang dapat digunakan untuk merawat pertumbuhan rambut anak. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan yang lebih aman dan ampuh. Caranya, campur setengah cangkir minyak zaitun extra virgin dengan setengah cangkir madu murni. Jika ingin yang lebih praktis, pakaikan hair lotion khusus untuk bayi yang bisa Anda temui dengan mudah di pasaran. Eits, perlu diingat ya FarmaFriends, pastikan Anda selektif memilih produk agar aman digunakan oleh si kecil.

Berikut ini beberapa rekomendasi hair lotion yang aman untuk bayi versi farmaku. Yuk disimak!

Rekomendasi hair lotion untuk buah hati

1. Cusson baby hair lotion almond oil



Cusson baby hair lotion almond oil adalah kondisioner bayi yang mengandung bahan alami minyak almond yang dapat meningkatkan kelembutan dan mencegah rambut kering. Menjaga rambut tetap halus dan lembut, membantu rambut dan kulit kepala si kecil lebih sehat dan segar. Diperkaya pula dengan kandungan madu sehingga rambut dan kulit kepala anak tetap lembab sepanjang hari.


2. Pigeon baby hair lotion chamomile

jual pigeon hair lotion

Pigeon baby hair lotion chamomile adalah lotion si kecil yang dapat memberikan kesehatan dan kelembutan rambutnya. Diformulasikan dengan kandungan jojoba dan chamomile agar kulit kepala dan rambut bayi menjadi lebih sehat dan lembut. Kulit kepala yang sehat.

3. Zwitsal natural hair lotion

zwitsal hair lotion murah

Zwitsal natural hair lotion, lotion rambut dengan kandungan kemiri, aloe vera, seledri yang membantu pertumbuhan rambut bayi hingga tampak tebal dan hitam. Bahan alaminya sudah teruji menutrisi rambut bayi tetap sehat dan segar sepanjang hari. Teruji hypo-allergenic, baik untuk digunakan kulit bayi yang sensitif sekalipun. (PR)

First Cry Parenting. Diakses pada Juni 2020. 10 Tips for Baby Hair Growth https://parenting.firstcry.com/articles/10-tips-for-baby-hair-growth/

What to Expect. Diakses pada Juni 2020. Newborn Hair Care. https://www.whattoexpect.com/first-year/ask-heidi/newborn-hair.aspx

Mommy in Me. Diakses pada Juni 2020. 10 best ways to grow baby hair fasterhttps://www.mommyinme.com/10-best-ways-to-grow-baby-hair-faster/

The Asian Parent Indonesia. Diakses pada Juni 2020. Ampuh 4 Cara Ini Bisa Membuat Rambut Bayi Tumbuh Lebat. https://id.theasianparent.com/agar-rambut-bayi-lebat

Everyday Health. Diakses pada Juni 2020. When Hair Loss Is Not Genetic. https://www.everydayhealth.com/hair-loss-pictures/surprising-things-that-cause-hair-loss-0209.aspx

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak