Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Anus Gatal

Anus gatal atau yang dikenal dengan istilah medis pruritus ani, adalah kondisi dimana kulit di sekitar anus mengalami gatal yang sangat kuat. Sensasi gatal biasanya terletak di dalam atau di sekitar anus yang disertai dengan kemerahan, rasa panas, atau nyeri pada area sekitar anus.

Berhati-hati dalam menggaruk bagian anus yang gatal, karena mungkin akan mengganggu kenyamanan hingga menyebabkan luka pada kulit sekitar anus.

 
Anus gatal merupakan kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun laki-laki, dan segala usia.

Penyebab

Seringkali rasa gatal pada anus tidak diketahui apa penyebabnya. Namun, menurut dr. Miriam Stoppard, penyebab utama rasa gatal pada anus adalah jamur yang menempel pada kulit di sekitar anus, mungkin diakibatkan oleh kebersihan yang buruk, infeksi cacing kremi, atau wasir.

Ada beberapa faktor lainnya yang dapat menjadi penyebab rasa gatal pada anus, antara lain:

  • Infeksi jamur, cacing kremi, atau penyakit seksual menular.
  • Penyakit kulit seperti dermatitis, psoriasis, dan dermatitis seboroik dapat memulai rasa gatal pada anus.
  • Kondisi medis lainnya seperti wasir, diabetes atau tumor anus.
  • Iritasi kulit akibat terlalu sering atau jarang membersihkan kulit anus, menggunakan sabun terlalu keras, atau produk pembersih yang tidak cocok dengan kewanitaan.
  • Pengobatan obat antibiotik. Beberapa obat antibiotik dapat mengganggu bakteri baik di usus seperti erythromycin dan tetracyclin.

Cara Mengatasi

Sebelum melakukan pengobatan medis untuk mengatasi anus gatal, sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak menggaruk area anus, karena dapat mengakibatkan iritasi dan luka yang semakin memburuk.

Baca juga: Artikel kesehatan lainnya

Pada dasarnya mengatasi kondisi anus gatal dapat dilakukan menggunakan cara alami yang dapat dilakukan oleh Anda dirumah. Namun, cara alami yang dilakukan tergantung apa yang menjadi penyebabnya. Jika anus Anda gatal karena masalah kebersihan, disarankan untuk rutin membersihkan kulit sekitar anus. Agar tidak mengalami iritasi, gunakan tisu basah, atau kapas yang dibasahi air. Apabila anus gatal akibat keringat yang berlebih, hindari memakai pakaian ketat dan utamakan menggunakan pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat.

Pengobatan

Jika perawatan alami dirumah tidak mampu menghilangkan rasa gatal pada anus, segera konsultasikan pada dokter. Dokter mungkin akan memberikan obat kortikosteroid dalam bentuk salep atau krim, obat anti jamur atau antihistamin.

Obat Krim Kortikosteroid

Obat kortikosteroid adalah obat dengan kandungan hormon steroid alami yang berguna untuk mengatasi peradangan pada tubuh. Obat ini umumnya digunakan untuk mengatasi kondisi anus gatal yang disebabkan oleh dermatitis. Obat kortikosteroid dalam bentuk krim dapat Anda ditemukan di pasaran dengan merek dagang betamethasone, ikaderm, atau dexamethasone.

Obat Cacing dan Antijamur

Apabila anus gatal disebabkan oleh infeksi cacing kremi, maka segera konsumsi obat cacing atau oleskan obat antijamur jika penyebab anus gatal adalah infeksi jamur pada sekitar kulit anus. Pengobatan ini dilakukan untuk menghentikan infeksi yang terjadi.

Obat antihistamin

Obat antihistamin diberikan diberikan jika gatal semakin parah saat malam hari dan mengganggu tidur Anda.

Kesimpulan

Anus gatal adalah kondisi umum yang dapat terjadi pada semua orang dari semua kalangan usia. Sensasi gatal biasanya terjadi di dalam atau di sekitar anus. Sebagian besar anus gatal disebabkan oleh infeksi jamur, cacing, iritasi, kondisi medis, hingga efek samping obat antibiotik.

Sebaiknya hindari menggaruk anus saat Anda mengalami kondisi ini. Menggaruk hanya akan membuat kulit disekitar anus menjadi luka dan memburuk. Disarankan untuk menggunakan cara alami seperti menjaga kebersihan area anus dengan intens, atau apabila rasa gatal dirasa semakin kuat, segera atasi melalui pemberian obat.

alodokter.com. Anus gatal. Desember 2017
doktersehat.com. Anus Gatal – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya