Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Inilah 7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan sering kali disebabkan oleh infeksi virus. Peradangan ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami sakit seperti flu, pilek, atau mononukleosis (infeksi virus Epstein-Barr). Selain disebabkan oleh virus, penyakit ini terkadang dipicu serangan bakteri, dalam kondisi ini paling sering disebabkan bakteri streptococcus tipe A atau Streptococcus pyogenes.

Radang tenggorokan atau faringitis adalah suatu kondisi peradangan pada membran mukus  di bagian belakang tenggorokan. Peradangan ini umumnya mengakibatkan rasa tidak nyaman, sakit dan kering di sekitar mulut hingga leher, hingga rasa nyeri saat menelan makanan atau berbicara pada penderitanya.

Gejala-gejala yang ditimbulkan umumnya berupa sakit kepala, demam, nyeri pada tenggorokan, pembengkakan pada amandel atau kelenjar getah bening di sekitar leher, nyeri otot dan sendi, hingga ruam kulit.

Penyakit ini umumnya dianggap enteng bagi sebagian kalangan karena dapat sembuh dengan sendirinya. Terhitung waktu pemulihan peradangan yang disebabkan oleh virus berkisar 5-7 hari. Sementara, radang yang disebabkan serangan bakteri, waktu pengobatan akan disesuaikan dengan jenis bakteri dan kondisi yang diderita. Pada kondisi ini, dokter akan meresepkan pemberian obat antibiotik untuk membantu perlawanan terhadap serangan bakteri.

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab radang tenggorokan dibagi menjadi dua yaitu virus dan bakteri. Radang tenggorokan karena infeksi virus lebih sering terjadi ketimbang bakteri. Berikut ini sejumlah virus dan kondisi-kondisi yang memicu timbulnya radang tenggorokan:

  • Influenza atau flu
  • Coronavirus, parainfluenza, rhinovirus menjadi penyebab paling umum
  • Coldadenivirus yang dapat menyebabkan pilek dan konjungtivitis yakni kondisi mata merah
  • Epstein-Barr virus penyebab mononukleosis yakni penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan, demam, dan peradangan kelenjar getah bening di leher
  • Varicella zoster pada penyakit cacar air
  • Adenovirus, respiratory synctial virus (RSV), atau campak
  • Bordetella pertussis yang menyebabkan kondisi batuk rejan.

Selain virus, radang tenggorokan juga disebabkan oleh bakteri. Namun demikian, infeksi bakteri untuk menyebabkan radang tenggorokan lebih jarang terjadi dibandingkan dengan serangan virus. Streptococcus tipe A atau Streptococcus pyogenes merupakan bakteri yang sering menyebabkan peradangan ini.

Walau bakteri radang tenggorokan skala terjadinya lebih sedikit. Bakteri-bakteri ini digolongkan sebagai bakteri yang penyebab penyakit berbahaya seperti chlamydia (penyakit menular seksual yang menyerang mata dan alat kelamin), pneumonia mikroplasma (infeksi bakteri di saluran pernapasan), dan gonore (penyakit menular seksual yang ditandai dengan keluarnya nanah dari penis).

Virus dan bakteri yang menyebabkan radang bersifat menular. Virus atau bakteri ini bisa masuk ke tubuh dan bisa hidup menetap di dalam hidung atau tenggorokan manusia. Salah satu cara penularan ialah orang sehat yang terpapar batuk atau bersin penderita yang telah memiliki bakteri atau virus.

Cara lain penularan virus dan bakteri bisa terjadi pada kondisi-kondisi:

  • Menyentuh benda-benda atau anggota badan penderita, dan
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus atau bakteri.

Selain itu, sejumlah faktor dapat meningkatkan risiko seseorang menderita radang:

  • Usia: Anak-anak usia 3 tahun sampai remaja 15 tahun yang rentan terinfeksi bakteri
  • Riwayat alergi terhadap debu, jamur, hewan peliharaan
  • Kebiasaan merokok
  • Terganggunya sistem kekebalan tubuh
  • Terpapar zat kimia
  • Menderita sinusitis kronis
  • Orang yang sedang bepergian ke daerah yang cukup tinggi penularan bakteri/virus. Begitu juga dengan tempat-tempat ramai seperti rumah sakit, sekolah, atau pesawat terbang

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya pada 5-7 hari. Namun, untuk mengurangi rasa nyeri dan demam, beberapa orang dapat mengkonsumsi acetaminophen, ibuprofen, atau obat pereda nyeri ringan lainnya.

Baca juga: Artikel kesehatan lainnya

Cara mengobati radang tenggorokan karena bakteri, dokter dapat meresepkan antibiotik seperti amoxicillin. Tujuan diberikannya antibiotik ialah untuk mencegah komplikasi-komplikasi seperti demam rematik atau penyakit ginjal. Dokter perlu memastikan bahwa pasien mengkonsumsi antibiotik dengan tepat dan sesuai dosis agar infeksi bakteri dapat sembuh total serta mencegah terjadinya infeksi kambuh kembali.


Selain penggunaan obat, ada pengobatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah untuk mempercepat proses pemulihan kondisi dari radang tenggorokan. Beberapa cara menyembuhkan sakit tenggorokan :

Istirahat dan tidur yang cukup

cukup tidur

Istirahat merupakan obat alami yang dapat Anda gunakan untuk melawan infeksi bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, dengan istirahat yang cukup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh dapat segera pulih.

Menjaga tubuh terhidrasi dengan meminum asupan cairan yang cukup

dehidrasi

Saat mengalami radang, tenggorokan akan kering yang menyebabkan rasa sakit. Oleh sebab itu, Anda perlu mengkonsumsi banyak air untuk mengurangi rasa sakitnya. Tidak hanya itu, konsumsi air yang cukup, dapat membuat tenggorokan menjadi lembab sehingga dapat membantu mengurangi resiko peradangan yang lebih buruk. 

Mengonsumsi air lemon hangat

air lemon untuk radang

Konsumsilah perasan air lemon yang disajikan hangat. Properti astrigen yang terkandung pada buah lemon, bermanfaat untuk mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan serta membantu membunuh bakteri penyebab iritasi.


Sebagai pengobatan alami, cukup campurkan 1 sendok teh perasan jeruk lemon ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian kumur perlahan dan lakukan setiap hari hingga tenggorokan membaik.

Berkumur dengan air garam

berkumur air garam

Berkumur dengan air garam memang dapat meredakan gejala radang tenggorokan, karena garam bersifat mengikat air. Kandungan garam yang cukup tinggi dapat menarik cairan pada jaringan tenggorokan yang sedang mengalami radang sehingga bengkak dan rasa nyeri pada jaringan dapat berkurang. Namun, perlu dipahami meski garam dapat meredakan gejala, bukan berarti infeksi virus pada tenggorokan sudah teratasi. 

Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan

permen pelega tenggorokan

Meski dipasaran sering disebut sebagai “permen”, namun permen pelega tenggorokan atau lozenges sebenarnya mengandung bahan aktif yang sama seperti obat-obatan pada umumnya. Lozenges atau permen pelega tenggorokan ampuh mengurangi rasa kering, kesat, gatal dan tidak nyaman pada saat tenggorokan mengalami radang.

Menggunakan alat pembersih udara atau pengatur kelembaban (air humidifier) di dalam kamar/ruangan

alat pembersih udara

Selain virus dan bakteri, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh udara yang panas atau kotor. Ruangan dengan udara yang panas atau kotor dapat mengakibatkan tenggorokan terasa kering dan gatal. Hal ini umumnya terjadi pada pagi atau siang hari. Nah, dengan menggunakan air humidifier, Anda dapat membantu mengurangi gejala-gejala lebih awal.

Berhenti Merokok 

radang tenggorokan karena merokok

Mengisap rokok dan terpapar asap rokok dapat memicu radang di tenggorokan. Apabila Anda adalah seorang perokok dan sering mengalami gangguan tenggorokan, lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan, yakni:

  • Hindari kontak fisik,
  • Berbagi makanan, minuman, barang-barang dengan orang sakit,
  • Cuci tangan sampai bersih sebelum makan/setelah dari kamar mandi/saat batuk dan bersin, tutupi mulut saat bersin dan batuk,
  • Sediakan selalu cairan pembersih tangan atau hand sanitizer ketika hendak bepergian.

https://www.everydayhealth.com/pharyngitis/
https://www.healthline.com/health/pharyngitis
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324144.php

Sumber

Artikel Lainnya