Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Rekomendasi Obat Kurap Ampuh di Apotek

obat kurap di apotik yang paling ampuh

Obat kurap dapat membantu membunuh jamur di permukaan kulit dan ada juga yang membantu meredakan rasa gatal. Kurap merupakan penyakit menular, sehingga perlu segera diobati sebelum ditularkan pada orang terdekat. 

Obat Kurap Paling Ampuh di Apotek

Kurap adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini ditandai dengan adanya ruam melingkar menyerupai bentuk cincin, bersisik, dan serta terasa gatal.

Ada berbagai macam obat kurap di Apotek, beberapa dapat dibeli secara bebas, tetapi untuk kudis kurap yang lebih serius membutuhkan obat dengan resep dokter. 

Nah, berikut adalah obat kurap ampuh di apotek:

1. Salep 88

Salep 88

Salep 88 adalah obat yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit kulit akibat infeksi jamur dan bakteri di wilayah tropis dengan tingkat kelembapan tinggi, termasuk kurap, panu, dan kudis.

Obat ini bekerja dengan meningkatkan kelembapan, mempermudah proses pengelupasan, dan menghilangkan sisik di kulit akibat kandungan acidum benzoicum, acidum salicylicum (Asam salisilat), dan sulfur praecipitatum di dalamnya. 

Salep ini dapat digunakan sebanyak 3 kali sehari pada bagian kulit yang infeksi dan hanya untuk digunakan sebagai pengobatan luka luar.

Beli Salep 88 di Sini

2. Kalpanax Salep

Kalpanax Salep

Salep kurap ini tidak hanya dapat mengatasi kurap, tetapi juga efektif untuk menyembuhkan panu dan kutu air. 

Kalpanax salep mengandung  menthol, camphor, sulfur, dan asam salisilat yang efektif untuk meredakan gatal. 

Kandungan menthol dan camphor dapat menenangkan dan memberikan sensasi dingin sehingga rasa gatal dapat dikurangi. Sementara itu asam salisilat dapat membantu menjaga kelembapan pada kulit sehingga kulit bersisik pada kurap dapat dikurangi.

Kalpanax krim dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Tapi, jika FarmaFriends memiliki alergi atau hipersensitif dengan kandungan dalam produk ini sebaiknya hindari penggunaannya, ya.

Beli Kalpanax Salep 6g di Sini

3. Canesten Cream

Canesten Cream

Canesten mengandung bahan aktif clotrimazole yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur yang menginfeksi kulit. Obat berguna untuk menangani berbagai infeksi jamur termasuk kurap. 

Hindari pemakaian yang berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Beli Canesten Cream 5g di Sini

4. Fungiderm Cream

Fungiderm Cream

Fungiderm adalah obat antijamur yang ampuh untuk mengobati kurap dengan zat aktif clotrimazole. Senyawa aktif ini mampu menghambat perkembangan pada bagian penting dinding sel jamur. Dengan demikian pertumbuhan jamur pun dapat dihentikan. 

Selain kurap, obat ini juga umumnya juga digunakan untuk mengatasi gatal, kutu air, hingga kandidiasis pada kulit dan kuku. 

Sebelum mengoleskan obat, pastikan kulit yang terinfeksi sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu agar kerja obat lebih maksimal.

Beli Fungiderm Cream 10g di Sini

5. Daktarin Krim

Daktarin Krim

Daktarin mengandung zat aktif miconazole nitrate sehingga terbilang efektif untuk menghentikan bakteri dan jamur penyebab kurap pada tubuh Anda. 

miconazole nitrate bekerja dengan cara merusak struktur sel jamur sehingga pertumbuhan jamur pun dapat dihentikan. Tidak hanya dapat mengobati kurap, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi jamur lain, seperti kandidiasis, jamur kuku, dan ruam popok. 

Segera hentikan penggunaan obat jika Anda mengalami iritasi, rasa terbakar pada kulit, gatal, kemerahan, serta dermatitis kontak setelah menggunakan obat. 

Beli Daktarin Krim 5g di Sini

6. Miconazole Krim

Miconazole Krim

Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat perkembangan jamur sehingga infeksi tidak berlanjut atau hilang akibat kandungan miconazole nitrate di dalamnya. 

Krim miconazole juga digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit lainnya seperti mikosis kulit atau dermatofitosis. 

Miconazole Krim ini memiliki efek samping seperti sensasi rasa terbakar hingga menimbulkan alergi. 

Beli Miconazole Krim 2% 10g di Sini

7. Delapan Delapan Cream

Delapan Delapan Cream

Delapan Delapan Cream juga bermanfaat untuk menyembuhkan kurap serta infeksi jamur lainnya pada kulit. Obat ini mengandung senyawa aktif miconazole nitrat yang bekerja dengan merusak struktur membran sel jamur. Akibatnya sel jamur bisa mati. 

Jika Anda sedang hamil, disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini. Anda disarankan untuk tetap menggunakan obat selama beberapa hari setelah gejala hilang untuk mencegah kurap kambuh.

Beli Delapan Delapan Cream 5 gr di Sini

8. Zoralin Krim

Zoralin Krim

Zoralin Krim mengandung senyawa aktif ketoconazole yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur penyebab infeksi. Senyawa aktif ini dapat menghambat pembentukan senyawa dan enzim tertentu yang diperlukan untuk tumbuh kembang jamur, sehingga pertumbuhan jamur dapat ditekan. 

Jangan gunakan obat ini apabila Anda memiliki alergi terhadap obat golongan azol lainnya, seperti fluconazole, miconazole, dan itraconazole.

Beli Zoralin Cream 10 gr di Sini

9. Pi Kang Shuang Cream

Pi Kang Shuang Cream

Pi Kang Shuang Cream merupakan obat dengan kandungan miconazole nitrate, neomycin sulfate, dan triamcinolone acetonide yang dipercaya ampuh mengatasi penyakit kulit yakni panu, kurap, kadas, dan kudis. 

Obat ini termasuk golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Beli Pi Kang Shuang Cream 5g di Sini

10. Kloderma Cream

Kloderma Cream

Kurap kerap kali menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Oleh sebab itu, dokter juga umumnya memberikan obat yang dapat mengurangi rasa gatal. Salah satu obat yang dapat diberikan, adalah Kloderma cream. 

Kloderma cream termasuk dalam obat oles golongan kortikosteroid. Kandungan senyawa aktif klobetasol dalam obat ini bekerja dengan mengaktifkan zat alami dalam kulit yang dapat mengurangi peradangan dan gejala yang disebabkannya. 

Obat ini dapat mengurangi gatal, kemerahan, dan bengkak pada kulit. Perlu diingat bahwa obat ini hanya dapat mengatasi gejala peradangan, tetapi tidak dapat mengobati penyebabnya.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan Kloderma cream harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Kloderma Cream 5 gr di Sini

Beli Kloderma Cream 10 gr di Sini

11. Ikaderm

Ikaderm

Ikaderm juga dapat membantu mengatasi rasa gatal dan kemerahan yang muncul pada kurap. Obat ini mengandung senyawa aktif klobetasol yang efektif untuk meredakan gejala peradangan.

Obat ini berbentuk salep yang dapat bekerja langsung pada bagian kulit yang terkena kurap.  

Penggunaan ikaderm hanya dapat dilakukan di bawah pengawasan dokter, karena termasuk dalam kategori obat keras. 

Beli Ikaderm Ointment 10 gr di Sini

12. Formyco

Formyco

Pada kasus tertentu, dokter juga dapat memberikan obat minum untuk mengatasi kurap. Salah satu obat yang umum diberikan dokter adalah Formyco. 

Obat ini mengandung senyawa aktif ketoconazole yang bekerja dengan cara membunuh jamur penyebab infeksi serta mencegahnya untuk tumbuh kembali. Tidak hanya mengobati kurap, Formyco juga dapat mengobati berbagai infeksi jamur kulit lain, seperti ketombe dan panu.

Formyco termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. 

Beli Formyco 200 mg Tablet di Sini

13. Griseofulvin

Griseofulvin

Griseofulvin adalah obat antijamur yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan jamur. Obat ini umumnya diberikan pada pasien yang mengalami infeksi jamur di kulit kepala dan kuku.

Namun, obat griseofulvin juga dapat diberikan pada pasien yang mengalami kurap atau kutu air setelah pengobatan dengan obat oles (topikal) tidak menunjukkan adanya perubahan.  

Termasuk dalam golongan obat keras, obat ini hanya dapat digunakan dengan petunjuk dokter. 

Beli Griseofulvin 500 mg Tablet di Sini

14. Incidal OD

Incidal OD

Incidal OD memang bukan obat yang dapat mengobati kurap. Namun, obat ini dapat membantu meredakan rasa gatal yang mungkin dialami.

Kandungan cetirizine dalam obat ini termasuk dalam kelompok obat antihistamin, yang bekerja dengan menghalangi kerja histamin dalam tubuh, Dengan demikian rasa gatal pun dapat dikurangi. 

Hindari konsumsi Incidal OD sembarangan, Anda mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter karena obat ini termasuk obat keras. 

Beli Incidal OD 10 mg Capsule di Sini

15. Cetirizine

Cetirizine

Cetirizine juga dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat kurap pada kulit. Obat ini bekerja dengan menghalangi kerja histamin, yaitu zat alami tubuh yang menyebabkan gatal. 

Obat ini termasuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Hindari mengemudi, menjalankan mesin, atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi setelah Anda konsumsi obat ini. Waspadai juga efek samping yang mungkin muncul, antara lain mengantuk, kelelahan, mual, pusing, atau sakit kepala. 

Beli Cetirizine 10 mg Tablet Novell di Sini

Beli Cetirizine 10 mg Tablet Hexp di Sini

Itulah rekomendasi obat kurap paling ampuh yang bisa Anda temukan di apotek. Untuk memastikan seberapa parah kurap yang dialami, sebaiknya sebelum membeli obat kurap konsultasikan pada dokter terlebih dahulu agar penyembuhan lebih efektif.

Anda dapat melakukan konsultasi konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Agar terhindari dari penyakit kurap, tetaplah menjaga kebersihan dengan menghindari penggunaan barang pribadi seperti pakaian, kaus kaki, atau handuk mandi dengan orang lain.

Baca juga:

Cleveland Clinic. Clobetasol Ointment. https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/19019-clobetasol-ointment. (Diakses pada 23 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2022. Ringworm (body). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ringworm-body/symptoms-causes/syc-20353780. (Diakses pada 23 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan