Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Apakah Anda mengalami hari yang berat? Atau Anda sedang merasa sedih? Mungkin yang Anda butuhkan adalah sebuah pelukan.

Tidak hanya meredam kesedihan, manfaat berpelukan, terutama dengan pasangan, memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan mental maupun fisik. Yuk, simak berbagai manfaat pelukan berikut ini.

Manfaat Berpelukan dengan Pasangan

Sentuhan adalah hal pertama yang indra Anda rasakan ketika masih bayi. Karena secara biologis, ini membantu menciptakan ikatan antara bayi dan ibu serta menumbuhkan rasa aman bagi bayi.

Hubungan antara sentuhan dan rasa aman ini tetap ada bersama Anda saat tumbuh dewasa. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa“sentuhan” menjadi penting bagi kehidupan dan kesehatan mental seseorang.

Sentuhan fisik seperti belaian dan pelukkan dengan pasangan mungkin dapat membantu Anda. Penelitian telah menemukan bahwa kurangnya sentuhan dapat menyebabkan kesepian, kecemasan, dan depresi.

Berikut adalah sejumlah manfaat yang menyehatkan dari berpelukan dengan pasangan, di antaranya: 

1.  Meredakan Stres

Manfaat berpelukan dengan seseorang yang Anda sayangi akan membuat tubuh melepaskan hormon yang disebut oksitosin. Hormon inilah yang berperan menenangkan dan membuat Anda lebih mungkin untuk menghadapi stres dengan lebih baik.

Pelukan juga tidak hanya melepaskan hormon oksitosin tapi juga mengurangi sekresi kortisol, atau hormon stres. Kadar kortisol yang tinggi dapat berhubungan dengan depresi dan berbagai penyakit mental dan fisik lainnya. 

Ketika Anda melakukan kontak fisik dengan seseorang yang Anda sayangi, tubuh mengeluarkan oksitosin yang terasa nyaman lalu pada saat yang sama dorongan untuk merasa letih (kortisol) menjadi berkurang. Hal inilah yang kemudian membuat Anda berada dalam keadaan yang lebih tenang. 

2. Melepaskan Hormon Perasaan Baik

Saat menyentuh, berpelukan, atau berpegangan tangan, tubuh akan melepaskan berbagai hormon yang berhubungan dengan “perasaan baik”. Hormon-hormon tersebut seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin. 

Begitu hormon tersebut dilepaskan di dalam tubuh, kemudian membuat Anda mengalami perasaan bahagia, rileks, suasana hati yang baik, dan penurunan tingkat depresi.

Menjadi masuk akal bahwa saat merasa sedih, pelukan sering kali dapat membantu meringankan perasaan Anda. Terdapat pula penelitian yang menyarankan pelukan atau cuddling selama lebih dari enam detik, akan membuat oksitosin dan serotonin dilepaskan pada tingkat maksimum.

3. Mengurangi Kecemasan dan Meningkatkan Mood

Kecemasan adalah hal yang tidak dapat Anda hindari. Semua orang pasti pernah  merasa cemas, sebab berbagai hal dapat memicu perasaan ini. Misalnya kecemasan Anda akan hal-hal yang Anda takuti atau tentang bagaimana Anda menjalani sebuah tantangan. Pada saat-saat seperti ini, pelukan mungkin dapat membantu Anda.

Faktanya, efek anti-stres pada oksitosin juga dapat berperan dalam mengurangi sejumlah gangguan psikologis termasuk depresi dan kecemasan umum. Pelukan  juga dapat membantu untuk meningkatkan mood Anda. Hal ini karena saat berpelukan, akan meningkatkan kadar dopamin dan serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan gejala depresi.

Baca Juga: Stres dan Depresi, Apakah Sama? Yuk, Kenali Perbedaan Keduanya!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti disebutkan sebelumnya, manfaat berpelukan dengan pasangan dikatakan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Peningkatan hormon ini dapat menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung.

Hormon oksitosin dapat meningkatkan fungsi jantung, mengurangi peradangan dan apoptosis (kematian sel), serta meningkatkan proses pembentukan pembuluh darah (vaskularisasi) pada bekas luka.

5. Meredakan Rasa Sakit

Berpelukan yang menenangkan mungkin memberi Anda lebih dari sekadar dukungan moral setelah peristiwa yang menyedihkan. 

Ketika berpelukan, hormon oksitosin yang dilepaskannya dalam tubuh dapat membantu menghambat sinyal rasa sakit. Obat alami ini bekerja dengan sangat baik sehingga para dokter mencoba mencari cara untuk mengobati orang dengan obat yang dibuat di laboratorium.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Berpelukan bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh yang mencegah berbagai penyakit. Manfaat ini terbukti melalui sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut mengkaji efek sentuhan fisik dan kontak mata dan mengemukakan ada beberapa poin penting terkait sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah efek keduanya yaitu dapat meningkatkan imunitas tubuh.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Berpelukan dengan pasangan saat tidur dapat membantu menciptakan perasaan tenang, nyaman, dan rileks, yang dianggap kondusif untuk memicu tidur lebih nyenyak. 

Selain itu, menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur bersama pasangan juga disebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

8. Membangun Hubungan yang Lebih Sehat

Bila ingin memiliki hubungan yang lebih intim dan sehat, Anda perlu berpelukan. Saat berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon serotonin, dopamin, dan oksitosin.

Ketiga hormon ini membuat Anda merasa nyaman, bahagia, dan terhubung, terutama hormon oksitosin yang meningkatkan ikatan antara Anda dan pasangan, Anda dengan orang tua, saudara, atau teman.

Hormon oksitosin dapat membantu membentuk kenangan indah saat berpelukan, termasuk perasaan bahagia dan hangat Anda.

Baca Juga: Jenis Obat Antidepresan yang Bisa Anda Dapatkan di Apotek

9. Mencegah Pilek

Berpelukan dengan orang yang Anda percayai bisa membantu melindungi Anda dari virus penyebab pilek, terutama jika Anda sedang mengalami banyak stres. 

Jika Anda sudah terlanjur pilek, lebih banyak berpelukan mungkin akan mencegah gejalanya bertambah buruk.

10. Membangun Keintiman Seksual

Berpelukan dan bersentuhan tidak hanya dapat membantu Anda menjalin ikatan dengan pasangan. Berpelukan juga dapat mengembalikan hasrat di antara Anda berdua yang meningkatkan hubungan seksual, dan membuat Anda merasa nyaman dengan keintiman. 

Berpelukan juga bisa menjadi foreplay alias pemanasan sebelum melakukan penetrasi saat bercinta.

Penting untuk diperhatikan bahwa sentuhan fisik atau efek pelukan yang positif hanya dapat terjadi pada mereka yang memiliki hubungan kepedulian, bukan dari sentuhan yang tidak diinginkan. Sebab faktanya, kontak fisik yang tidak diinginkan dapat memiliki efek sebaliknya dengan meningkatkan kadar kortisol dan stres.

Itulah ulasan mengenai berpelukan yang dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi kesehatan mental maupun fisik. Namun, pastikan untuk mendapatkan pelukan dari orang-orang yang Anda percaya dan  kasihi untuk mendapatkan efek positif yang baik untuk Anda.

Health Shots. Diakses pada 22 Februari 2024. Love a good cuddle? Here are 7 legit reasons why you should get cozy more often.
https://www.healthshots.com/mind/happiness-hacks/here-are-the-7-surprising-health-benefits-of-cuddling/

Prodia Digital. Diakses pada 22 Februari 2024. 12 Cuddle Positions and Their Health Benefits. https://prodiadigital.com/en/articles/you-need-to-know-these-7-benefits-of-cuddle-for-health

WebMD. Diakses pada 22 Februari 2024. Health Benefits of Cuddling.
https://www.webmd.com/balance/ss/slideshow-health-benefits-cuddling

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan